Masjid AR. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang terlokasi di Kota Malang, Surabaya. Dan dengan statusnya sebagai PTM itulah yang akhirnya menjadikan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai salah satu UNiversitas Islam Swasta di Indonesia.
Menyadari akan hal itu Universitas Muhammadiyah Malang akhirnya berbenah diri untuk tampil sebagai Universitas Islam Swasta yang bisa bersaing dengan universitas-universitas lainnya di Indoenesia.
Dan untuk mendukung statusnya sebagai salah satu Perguruang Tinggi Islam Swasta di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang pun bertekad untuk menciptakan suasana kampus yang Islami. Dan salah satu upaya yang dilakukan UMM adalah dengan membangung Masjid Kampus yang kemudian diberi nama dengan Masjid AR. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang.
Masjid AR. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang meruapakan salah satu masjid kampus terbesar dan termegah di Indonesia dengan memadukan arsitektur Arab, India, dan Nusantara. Masjid yang dibangun pada tahun 1995 ini, diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie pada tahun 1998. Masjid berlantai 5 ini, selain digunakan sebagai tempat peribadatan Ummat Islam, masjid ini juga digunakan untuk perkantoran, ruang kuliah, perpustakaan, bank, dan lain-lain.
Spesifikasi Majid:
Nama              : Masjid AR. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang
Lokasi             : Jl. Raya Tlogomas, Malang, Surabaya
Jumlah Lantai : 5 Lantai
Lantai 1        : Perkantoran, Bank, Kantin, KOPKAR, ATM, Labolatorium, Bimbingan Konseling, Poliklinik, Radio UMM FM, dan beberapa kantor Pusat Studi.
Lantai 2     : Perkantoran Takmir Masjid, Perpustakaan, Ruang Perkuliahan, Aula, Tempat Wudhu, dan Labolatorium Psikologi.
Lantai 3-5        : Tempat Peribadatan dan Ruang Perkuliah di setiap sisi lantai.

Andi Akbar Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar