GURU..??, TENTARA Buat Negara Maju

Kalian tau negara apa yang mendapat predikat sebagai Negara dengan Kualitas Pendidikan TERBAIK...??, Amerika, Inggris, Australia, Singapur, Jepang, Korea, atau bahkan Rusia..??, yah bisa jadi negara-negara tersebutlah, tapi untuk saat ini predikat negara terbaik diraih oleh negara yang ibu kotanya menjadi tempat penandatanganan perjanjian damai antara RI dan GAM, yah itulah Helsinki ibu kota dari Negara FINLANDIA yang mendapatkan predikat pendidikan terbaik di dunia.

Keberhasilan mereka dalam mencetak peserta didik tidak hanya unggul pada peserta didik yang normal saja, Finladia juga unggul dalam mengajar anak-anak yang lemah mental. Lantas timbul pertanyaan tentang apa rahasia dibalik kesuksesan Finlandia dalam mengelola pendidikan mereka..??, Ketika meninjau anggaran pendidikan Finlandia, mereka memang memiliki anggaran pendidikan yang cukup tinggi dibandingkan negara-negara eropa lainnya, namun, masih kalah oleh beberapa negara lain. Soal umur wajib belajar di Finlandia termasuk negara yang lambat dibandingan negara lain karena, di sana anak boleh masuk belajar setelah berusia 7 tahun. Apalagi masalah jam belajar, di Finlandia jam belajar untuk siswa hanya 30 jam/ minggu, jauh dibawah Korea Selatan 50 jam/ minggu yang mendapat predikat pendidikan terbaik ke dua.
Lantas apa KUNCI suksesnya..??,

Ternyata kunci suksesnya terdapat pada kualitas GURU yang dimiliki oleh negara asal Angry Birds tersebut. Yah.., di Finlandia kualitas Guru menjadi salah satu fokus pemerintahnya, untuk masuk ke Fakultas Keguruan yang di Indonesia dikenal dengan FKIP, maka lulusan terbaik dari seluruh SMA harus berjuang keras, karena diantara 7 pendaftar yang diterima hanya 1 orang terbaik. Maka, wajarlah ketika Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum di sana tidak menjadi yang fakultas favorit, seperti dikebanyakan negara termasuk Indonesia. Bahkan di sana untuk menjadi seorang guru, testnya jauuuuuuuuhhhh lebih sulit dibandingkan test untuk menjadi dokter dan pengacara.

Banyak catatan sejarah yang mencatat betapa besarnya jasa seorang Guru dalam memajukan suatu bangsa, Jepang, salah satunya. Setelah diporak-porandakan dengan Bom Atom ketika Perang Dunia II, Jepang mampun bangkit dalam kurung waktu 30 tahun untuk kembali mejadi negara yang diperhitungkan dalam percaturan Internasional, dan itu tiada lain karena GURU.

Lantas, kenapa Indonesia BELUM bisa maju...??, apakah dengan adanya SERTIFIKASI Guru itu belum cukup...??, padahal Guru menjadi salah satu eleman penting yang bertanggung jawab untuk itu. 

Saya melihat, salah satu permasalahan besar yang sedang menggerogoti Guru kita sekarang ini adalah masalah NIAT, tidak sedikit Guru datang ke sekolah niat hanya untuk mengisi absen sebagai tanda kehadirannya untuk mendapatkan Mr. M....Y, padahal fungsi dari seorang Guru tidaklah cukup sampai pada tahap absen saja, masih banyak hal yang menjadi tanggung jawab seorang Guru, dan salah satunya adalah sebagai sumber Ilmu dan Motivasi buat para siswanya. Dan untuk masalah ini, hanya Guru yang PROFESIONAL lah yang bisa menyelesaikannya, Profesional disini saya rasa sudah kita ketahui semua, tinggal untuk pengaplikasiannya yang belum kita ketahui.

Maka, buat para Guru maupun calon Guru, yang pertama yang harus kita lakukan yaitu meningkatkan PROFESIONALITAS kita, dan yang terakhir, pesan saya adalah BANGGALAH menjadi seorang GURU karena Maju tidaknya Bangsa ini, ada di TANGAN kita juga.

SELAMAT HARI GURU 25 November....,


Andi Akbar Tanjung
November, 25th 2013
at 3,5 floor University of Muhammadiyah Malang

Andi Akbar Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar