Penggunaan "To Be (am, is, are)" Part I

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Okey., baiklah teman-teman sekalian, kali ini penulis akan membahas sebuah materi yang cukup umum dan berada pada level mudah pada pembelajaran "Grammar" dalam Bahasa Inggris, yaitu To Be (am, is, are).

To be (am, is, are) atau yang biasa juga disebut "Auxiliary" merupakan kata kerja bantu yang berfungsi untuk menjadi kata kerja pada jenis kalimat nominal. Kalimat nominal adalah kalimat yang tidak menggunakan kata kerja (eat, sleep, run, study, etc).
Contoh:
             "I will be hungry"

Pengunaan to be (am, is, are), harus sesuai dengan pasanganya, dalam arti "am", "is", dan "are" memiliki pasangan "subject pronouns" (I, you, he, etc) masing-masing. Agar teman-teman bisa lebih mudah memahami, silahkan melihat tabel berikut.

Sumber: http://wwwpupil.blogspot.com

Seperti pada tabel di atas, pengunaan to be "am" hanya digunakan untuk Subject Pronouns "I" (saya), sedangkan untuk to be "is" digunakan untuk Singular Subject atau pelaku tunggal yaitu, "you" (kamu), "he" (dia "lk"), "she" (dia "pr"), dan "it" (benda atau hewan). Pada Plural Subject atau pelaku yang lebih dari satu orang seperti "we" (kita), "you" (kalian), dan "they" (mereka) kita menggunakan to be "are".

Penjelasan diatas merupakan cara membuat kalimat dengan To be (am, is, are) dalam bentuk kalimat positif. Sedangkan dalam membuat kalimat negatif kita hanya perlu menambahkan "not" setelah to be (am, is, are). Contoh:
  • They are not lazy.
  • I am not sure.
  • It is not yours.
 Terkadang dalam dunia kepenulisan, terjadi penyingkatan penulisan, tanpa terkecuali dalam kepenulisan "to be" dalam bentuk positif maupun negatif. Untuk singkatan dalam penulisan positif, contohnya:
  • I'm handsome.
  • You're beautiful.
  • He's studying.
Sedangkan untuk singkatan "to be" bentuk negatif dalam kepenulisan, contohnya:
  • They aren't studying right now.
  • She isn't  at home.


Untuk melatih kemampuan teman-teman pada materi kali ini, silahkan mengerjakan LATIHAN di bawah...!!

Andi Akbar Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar