Tugas Kuliah Menghasilkan UMM Messanger

"Tugas Kuliah", merupakan salah satu frasa yang menjadi benalu buat manusia setingkat "Mahasiswa" setelah kata "Akhir Bulan". Dari frasa ini kemudian mengilhami sebuah anak kalimat yang berbunyi "Allah memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan Hamba-Nya, tapi Dosen memberikan tugas di luar kemampuan Mahasiswa-nya", sehinggan membuat dosen masuk dalam daftar merah untuk beberapa mahasiswa, yah.., setidaknya itulah yang sering terjadi dewasa ini.

Semua mitos diatas kemudian tidak berlaku untuk seorang mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang, bernama Ali Usman. Mahasiswa angkatan 2011 atau sekarang menempuh semester 6 ini, melakukan sesuatu yang berbeda terhadapa yang namanya "Tugas Kuliah". Karena tugas kuliah-lah kemudian dia dapat membuat sesuatu yang cukup bermanfaat buat halayak banyak, khususnya untuk kalangan akademisi di UMM, yaitu UMM Massenger.

Dilansir dari situs UMM, mahasiswa yang sekarang ini sedang melakukan KKN, mengaku bahwa pada awalnya proyek pembuatan aplikasi ini sempat mandat atau fakum. Namun, karena dituntut oleh "Tugas Kuliah" dari jurusan, akhirnya Ali melanjutkan proyek tersebut. Ali pun mengaku dalam pembuatan UMM Messenger ini dilakukan hanya pada saat weekend saja, sehingga pengerjaan yang bertahap ini memakan waktu yang cukup lama pula.

Setelah melalui beberapa tahap yang cukup panjang, akhirnya aplikasi UMM Messenger ini selesai. Namun, Ali tidak semerta-merta mempublikasikannya secara luar. Pada awalnya aplikasi ini hanya di-share di sosial media sekelas Facebook saja, tepatnya di sebuah grup bernama IT UMM Show Off, sebuah grup yang berfungsi untuk memamerkan karya-karya anak IT UMM. Banyaknya teman-teman Ali yang menggunakan dan membagi-bagikannya, akhirnya pada Senin (5/5) aplikasi ini mulai terkenal d FB dan Twitter.

"Awalnya yang menggunakan aplikasi ini masih 50an, habis itu meningkat 80an. Tiba-tiba besok paginya sudah melonjak ke 100, 500, bahkan kemarin malam (Senin, red.) lebih dari seribu yang menggunakan aplikasi ini" Ungkap Ali, di umm.ac.id (6/5).

Nah.., sekarang tunggu apalagi, ayo kita rubah paradigma atau mitos lama yang mengatakan "Tugas Kuliah adalah Beban"..!!, selama kita melakukannya dengan ikhlas dan penuh semangat, maka yakin dan percaya semua itu akan mengahasilkan manfaat dari segala penjuru tanpa disangka-sangka.

Let's study for bright future..!!,

Malang, East Java
July, 14 2014, 00:27 a.m.

Andi Akbar Tanjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar