Saya dan Mereka dalam Menulis Blog

"Jangan pernah menyakiti hati seorang penulis
atau kau akan kekal dalam karyanya" -Pramoedya Ananta Toer-
Bingung mau memulai dari mana. Setelah setahun lebih menghilang tak bersua karena berbagai kesibukan dan didampingi dengan kemalasan membuat saya tidak pernah lagi melatih skill menulis saya di blog. Setelah termotivasi oleh tulisan-tulisan keren di blog orang lain, akhirnya kemarin dengan keuangan yang pas-pasan saya memaksakan diri untuk mengaktifkan kembali domain www.andiakbar.com ini. Semoga dengan aktifnya kembali blog ini bisa sedikit memberikan motivasi buat saya untuk terus menulis sehingga, saya bisa berbagi kepada orang lain dengan cara saya sendiri.

ooOoo

Setiap blogger tentunya memiliki motivasi tersendiri tentang mengapa dia rela meluangkan waktu dan pikirannya untuk sekedar berbagi tulisan di blog mereka. Tersebutlan alasan seperti untuk menampung ide-ide, menyalurkan minat menulis, kalau yang pragmatis dikit yah buat mencari materi, dan yang agak labil yah sebagai media curhat atau diary online. Ada juga yang agak-agak seperti malaikat yang rela menulis untuk sekedar ingin berbagi dan memotivasi orang lain melalui tulisan-tulisan mereka, dengan keyakinan bahwa dengan menulislah mereka bisa berbagi.

Bagaimana dengan saya sendiri...??. Menulis di blog bagi saya mampu memberikan aura positif tersendiri dengan beberapa manfaat yang terasa sampai saat ini dan mungkin sampai yang akan datang. Namun, diantara beberapa alasan di atas, saya lebih sepakat dengan alasan yang terakhir, bukan mau sok jadi malaikat seperti mereka yang meyakini hal serupa tapi lebih kepada kesanggupan saya yang masih terbatas dalam berbagi. Sehingga, melalui tulisan blog ini lah saya merasa bisa sedikit berbagi kepada yang lain. Hal tersebut juga diilhami oleh kenyataan bahwa saya mau menulis hari ini pun setelah penulis-penulis hebat ini rela berbagi dengan ikhlas sampai berdampak langsung kepada saya. Yahh.., kuncinya ikhlas karena kalau tidak, maka tulisan mereka tidak akan berdampak kepada orang lain.

Berikut saya akan memberikan beberapa blog yang menerapkan prinsip di atas. Silahkan dibaca dan rasakan sendiri dampak tulisan-tulisan mereka yang bisa jadi membuat teman-teman akan membuat blog juga. Here we gooo...,

Blog kece dari Cewek Bandug Alumni S1 di MIT, USA., :D
Blog ini digawangi oleh seorang cewek atau mbak kecek dari Bandung. Dia seorang peraih beasiswa UWC untuk melanjutkan sekolah SMA nya di Amerika. Setelah selesai SMA, dia melanjutkan pendidikan S1 nya di salah satu kampus keren dunia yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT), buat anak teknik pasti impiannya selain masuk surga adalah kuliah di kampus ini. MIT adalah kampus termahsyur di kalangan anak teknik dunia, untuk masuk ke sana saja tidak mudah apalagi untuk belajar di dalamnya. Mbak Titan juga mengambil jurusan yang tidak mainstream buat kalang wanita Indonesia yaitu jurusan Teknik Mesin atau buat orang geeooll seperti kita mengenalnya dengan sebutan Mechanical Engineering.

Di dalam blognya Mbak Titan banyak bercerita tentang kesehariannya sebagai mahasiswa MIT dari Indonesia. Meskipun termasuk diary blog tapi tetap ditulis dengan cara yang tidak labil ala anak cabe-cabean di sosial media. Cara, isi, dan subtansi tulisannya sungguh menggairahkan (jangan ngeres please..!!) kita sebagai pembaca. Selain itu beberapa tulisan beliau ditulis dalam Bahasa Inggris sehingga sangat berguna buat para pembaca yang ingin melatih skill Bahasa Inggrisnya. Silahkan dicek sendiri untuk membuktikannya.

2. I Made Andi Arsana (www.madeandi.com)
Blog kece seorang dosen UGM.., :D
Nah., untuk blog satu ini yang menjadi penjaga lilin-nya adalah seorang dosen UGM bernama I Made Andi Arsana. Beliau mengajar pada jurusan yang tidak terlalu mainstream di Indonesia yaitu jurusan Teknik Geodesi. Itulohh jurusan yang memperlajari tetang perbatasan antar negara di lautan. Pernah baca konflik perebutan laut Cina Selatan..??. Nah.., kerjanya mereka di sana buat menyelesaikan sengketa perbatansan laut antar negara. Pak Andi ini orang Bali yang mendapatkan beasiswa S2 dan S3 di Australia melalui beasiswa Australian Awards Scholarship (AAS) sehingga, di blog beliau juga membuat menu khusus untuk beasiswa tersebut.

Di dalam blognya, Pak Andi membahas banyak hal baik itu terkait kehidupannya, opini, Teknik Geodesi, beasiswa, dll. Hal yang menarik dari tulisan-tulisan beliau adalah rasa dan cara menulisnya yang sangat sopan dan berisi. Mungkin dipengaruhi dengan statusnya sebagai seorang dosen. Selain itu, tulisan-tulisan beliau juga membahas banyak hal terkait kehidupan ini yang menurut saya topik-topiknya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Lebih dari itu, saya juga kagum dimana ada seorang dosen yang sangat intens nge-blog disaat seperti ini. Silahkan dibuktikan sendiri kehebatan tulisan-tulisan beliau.

3. Muklason (www.cakshon.com)
Blog uapikk nya dosen IT yang lagi memperjuangkan Ph.D.., :D
Selanjutnya adalah sebuah blog uapikk yang dikelola oleh Muklason atau dikenal dengan panggilan Cak Shon. Beliau adalah seorang dosen Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang sedang melanjutkan studi S3 di Nottingham University, Inggris pada jurusan Information Technology setelah mendapatkan beasiswa LPDP oleh pemerintah Indonesia. Sehingga, bagi kalian yang ngebet banget buat kuliah dengan beasiswa tersebut silahkan membaca tulisan-tulisan beliau tentang LPDP.

www.cakshon.com merupakan blog yang berisi kompilasi tulisan beliau yang membahas berbagai topik khususnya kehidupan beliau dalam berjuang mengejar gelar Ph.D. Di blog itu pula teman-teman bisa menemukan beberapa tulisan menarik dengan topik pembahasan terkait Indonesia, pendidikan, agama (dari sudut pandang beliau selau warga NU), dll. Tak lupa tulisan-tulisan beliau merupakan yang sangat memotivasi buat saya adalah tulisan terkait beasiswa dan kehidupan kuliah S3 beliau. Silahkan dibaca, mungkin bisa ketular semangat untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

ooOoo

Itulah beberapa blog yang sering saya baca dan mampu memantik semangat saya dalam menulis maupun berbagi melalui blog. Mereka memiliki kesamaan prinsip bahwa kebahagiaan seorang blogger adalah ketika tulisannya bisa menginspirasi orang lain. Kesamaan lainnya entah kenapa secara akademik mereka semua adalah orang teknik, mungkin saya kurang gaul aja jadi belum menemukan blog seru dari orang dari rumpung akedemik lainnya.

Sekian dan semoga bisa menginspirasi.

NB: Semua efek samping seperti ingin menulis setelah membaca blog-blog mereka ditanggung sendiri oleh pembaca. :D

@Hotspot Area UMM, Malang
[16.07.2016]

Andi Akbar Tanjung

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus